Apakah sebenarnya HypnoBirthing ?


HypnoBirthing merupakan suatu metode baru yang dikhususkan untuk wanita hamil dengan melakukan relaksasi mendalam, bertujuan untuk mempersiapkan proses kelahiran normal yang lancar,nyaman dengan rasa sakit yang minimum, karena mampu memicu hormon endorphin yang merupakan hormon penghilang sakit alami tubuh.

Mengapa saya harus melatih HypnoBirthing ?

Latihan HypnoBirthing akan banyak memberikan manfaat karena melatih ibu hamil untuk selalu rileks, bersikap tenang dan menstabilkan emosi. Hasil dari latihan ini bukan hanya dirasakan saat ibu sedang hamil, namun hingga setelah melahirkan dan dalam kehidupan sehari-hari. Ketenangan ibu dan kemampuan ibu untuk mengendalikan emosi akan berdampak positif pada orang – orang di sekitarnya.

Apa manfaat Hypnobirthing?
-Mengurangi rasa mual, muntah, pusing dan beberapa gangguan di masa awal kehamilan
-Sarana untuk berkomunikasi dengan janin selama dalam kandungan, karena janin sudah memiliki unsur jiwa yang sederhana, yaitu perasaan
-Meningkatkan kadar endorphin untuk mengurangi rasa nyeri, sehingga proses persalinan berlangsung nyaman dan lancar
-Kondisi rileks, tenang dan damai dirasakan oleh janin sehingga membentuk SQ (Spiritual Quotient/Nilai kedamaian) yang tinggi – bayi tenang dan bahagia
-Mencegah robekan/jahitan pada vagina
-Mengurangi tindakan bedah cesar karena indikasi medis
-Mencegah terjadinya bayi prematur
-Mencegah terjadinya berat badan bayi kurang
-Mencegah kekurangan oksigen pada bayi, sehingga berpengaruh pada pertumbuhan otak bayi
-Mencegah baby blues/post-partum depression
-Meningkatkan hormon oxytosin yang dibutuhkan untuk memperlancar ASI

Kapan saat yang tepat untuk memulai?
Paling bagus jika dilakukan sejak awal kehamilan. Tetapi pada trimester 2 adalah waktu yang pas. Namun tidak ada kata terlambat karena hypnobirthing berfungsi untuk ASI, menghindari baby blues dan pola pengasuhan anak. Jika ibu sudah hamil di atas 36 minggu, pelatihan bisa dilakukan 1-2 hari sekali selama 3X.

Testimonial :
“Hypnobirthing berperan besar, membantu memberikan kesiapan mental dan keyakinan untuk melahirkan secara alami dengan rasa sakit yang minimal. Hal ini saya temukan pada beberapa pasien yang sudah menerapkan HypnoBirthing selama proses persalinan. Persalinan berlangsung secara lancar, relatif lebih cepat dan dengan keluhan nyeri yang sangat minimal. Hal ini juga sangat mempengaruhi kualitas bayi yang dilahirkan, bayi terhindar dari kekuranngan oksigen (asfiksia) selama proses persalinan sehingga perkembangan otaknya pun lebih baik”
dr.Boy Abidin SpOG
Ahli Kebidanan dan Kandungan
RS.Mitra Keluarga Kelapa Gading

“HypnoBirthing memberikan informasi yang sangat penting kepada masyarakat terutama para wanita, bagaimana membantu mengatasi emosi dan rasa takut yang sering timbul saat melahirkan. Metode relaksasi sangat natural dalam menghilangkan rasa nyeri dan dapat menjadi pilihan yang paling baik. Penggunaan obat – obatan seperti yang digunakan pada teknik epidural dan ILA, dapat menimbulkan efek samping yang tidak diharapkan. Ibu – ibu yang akan melahirkan sebaiknya mempelajari metode ini.”
dr.Hasmoro SpAn. MM,
CEO RSIA Hermina Grup

“Saya melahirkan secara normal dan menurut dokter yg menangani proses kelahiran saya ini, bayi saya adalah satu – satunya yg lahir di Rumah Sakit tersebut tanpa anda kendala apapun juga. Ia lahir secara normal dgn berat 3.250 gram panjang 49 cm dan sangat menakjubkan karena tidak ada jahitan walaupun bayi saya dapat dikatakan besar. Saat proses melahirkan pun saya tidak melakukan proses mengejan, namun bayi saya keluar dengan sendirinya”
Meidy Katrin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s