[opini pak hanung]Tepo Seliro, Tenggang Rasa, Reciprocal


Kita telah saling mengenal, dan kita tentu berupaya dalam komunikasi kita untuk selalu menyertakan empathy, sebuah istilah psikologi yang sebagian pengertiannya sebenarnya sudah terlingkupi dalam kata-kata umum dalam bahasa-bahasa berikut Tepo Seliro (Jawa), Tengang Rasa (Indonesia), Reciprocal (Inggris). Kelihatannya sederhana tetapi empaty ini bisa saja menjadi salah satu alasan mengapa selayaknya kita mempelajari bahasa asli suatu masyarakat untuk benar-benar bisa menyatu dengan masyarakat itu. Mari kita bayangkan ketika seorang yang berbahasa Inggris yang ditempatkan bekerja di Indonesia, menyapa siapapun yang dia temui dan lalu bercakap-cakap dengan bahasa Inggris dengan tidak memperhitungkan apakah yang diajak bicara tersebut bisa bicara bahasa Inggris atau pun tidak.
Tentu saat orang Indonesia tersebut pertama kali mendapatkan pengalaman tersebut akan memakluminya, tetapi manakala dalam banyak kesempatan berikutnya, di hari-hari yang lain, dia terus saja diajak berbicara dalam bahasa Inggris, orang Indonesia itu mulai bertanya “apakah orang ini serius mau berkomunikasi, atau pamer bahasa Inggrisnya, atau apa?”
Cerita pengantar ini saya maksudkan untuk memperjelas perlunya empathy ketika kita berkomunikasi. Salah satu kunci sukses komunikasi adalah mengenali mitra komunikasi dan tidak menempatkan mitra komunikasi dalam posisi tidak nyaman saat berkomunikasi. Inilah yang menjadi alasan saya untuk memilih tidak mengajak siapapun berbicara bahasa Inggris kalau saya tidak meyakini bahwa orang tersebut nyaman dan menginginkan berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Bagaimana menurut anda? Apakah kita masih perlu menerapkan metode coercion (pengharusan) untuk membuat seseorang menguasai bahasa Inggris?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s