COMPARATIVE DEGREE


Tingkatan dalam komparatif bisa diekspresikan secara morfologis atau sintaksis. Dalam bahasa Inggris misalnya, kebanyakan kata sifat yang bersifat monosilabel atau kata sifat yang dua silabel memiliki tingkatan perbandingan morfologis misalnya ; green (positif), greener (komparatif), greenest (superlatif); pretty, prettier, prettiest; sedangkan kebanyakan kata sifat yang banyak silabelnya menggunakan sintaksis yang dicontohkan sebagai berikut: complex, more complex, most complex.
1. bentuk positif merupakan bentuk kata sifat yang paling mendasar. Dikatakan positif karena tidak berkaitan dengan kualitas yang superior atau inferior dibandingkan benda atau entitas lain dalam wacana. Rumusnya : (+) Subyek + to be (kata kerja bantu) + as (kata sifat ) as + kata benda. Misalnya : He was as white as a sheet. (-) S+ to be (not)+ as (kata sifat) as +kata benda. Misalnya : Your coffee is not as good as the coffee my mother makes.
2. tingkatan komparatif menunjukkan jumlah yang lebih besar kualitasnya secara relatif dibandingkan sesuatu yang lain. Frasa “Fatimah is taller than her father” berarti bahwa tingkat ketinggian badan Fatimah lebih besar dibandingkan tingkat ketinggian badan ayahnya. (+) Subyek + to be (kata kerja bantu) + kata sifat+er+than+ kata benda. Misalnya : Ainul is cleverer than Ahmad. (+)Subyek+ to be (kata kerja bantu)+ more-kata sifat+than+ kata benda. Misalnya : Andra is more handsome than Andri.
3. Bentuk superlatif menunjukkan kualitas yang paling besar dst, yang membedakan dirinya dengan yang lain. (+)Subyek +to be + the most (yang paling)+kata sifat + …in/of… misalnya : Tulkiyem is the most beautiful in her school.
Komparatif, dalam tata bahasa , merupakan properti kata sifat dan kata keterangan yang paling banyak dipakai dalam bahasa-bahasa; bentuk ini memerikan sistem yang membedakan tingkatan yang mana modifiernya memberi batasan kepada complement (pelengkap).

Bahasa Inggris, karena rumitnya etimologi leksikon-nya, memiliki dua sistem perbandingan yang paralel. Yang satu melibatkan penggunaan suffix –er (bentuk “komparatif”) dan bentuk –est (bentuk superlatif). Infleksi ini berasal dari pola tata bahasa rumpun Indo-Jerman, dan merupakan sebuah “cognate”atau memiliki kemiripan bahasa seperti istilah Latin dengan sufiks –ior dan –issimus. Mereka biasanya ditambahkan kepada kata-kata yang lebih pendek, kata-kata yang berasal dari rumpun Anglo-saxon, dan kata-kata pinjaman yang telah diasimilasikan ke dalam kosa kata bahasa Inggris. Biasanya kata yang menggunakan infleksi ini memiliki silabel/suku kata yang jumlahnya kurang dari tiga silabel. Sistem ini berisi sejumlah bentuk yang tidak tetap (irregular forms), beberapa diantaranya seperti perubahan dari kata sifat good, better, and best yang berisi perubahan dari bentuk positif, komparatif dan bentuk superlatif.
Bentuk-bentuk yang tidak tetap yang lain misalnya:


Sedangkan bentuk yang tetap misalnya

Advertisements

2 thoughts on “COMPARATIVE DEGREE

  1. Pingback: Pelajaran Grammar « NEVER GIVE UP LEARNING!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s