apa definisi yang tepat terhadap kata barokah?


Berikut ini adalah definisi barokah dari kunjungan beberapa blog dan situs:
1.Barokah didefiniskan : adanya kebaikan yang sifatnya ilahi dalam suatu perkara atau tindakan. Dengan demikian barakah tidak bisa terlihat langsung secara indrawi dan lahiriah namun terkadang bisa terasakan. Sesuatu yang dirasakan mempunyai nilai tambah padahal lahirnya tidak atau malah berkurang, dikatakan mempunyai barokah. Contohnya harta yang dizakati, lahirnya ia berkurang namun pada hakekatnya ia mempunyai barakah atau diberkati, karena kekurangan tersebut terkadang secara tidak langsung mendatangkan rizki yang lain. Melakukan seuatu tanpa membaca basmalah secara lahir tidak berbeda dengan melakukannya dengan membaca basmalah, namun dengan basmalah ada nilai tambah yang tidak terlihat tapi terkadang terasakan, itulah barokah.
sumber: www.pesantrenvirtual.com
2. ecara harfiah, barokah berarti an-nama’ waz ziyadah yakni tumbuh dan bertambah. Atau bisa didefinisikan dengan kata majemuk jalbul khoir atau sesuatu yang dapat membawa kebaikan. Ini berarti Barokah adalah kebaikan yang bersumber dari Allah yang ditetapkan terhadap sesuatu sebagaimana mestinya sehingga apa yang diperoleh dan dimiliki akan selalu berkembang dan bertambah besar manfaat kebaikannya. Kalau sesuatu yang kita miliki membawa pengaruh negatif, maka kita berarti tidak memperoleh barokah yang diidamkan itu.

Barokah dari harta yang kita miliki adalah bukan hanya harta itu bertambah banyak tetapi juga ketika melalui harta itu kita bisa lebih mendekatkan diri dan lebih bersemangat dalam kebaikan dan beribadah kepada Allah. Kalau mau lihat contoh real dari keberkahan harta, lihatlah Rosululloh dan para sahabatnya, mereka kaya, harta mereka banyak, tapi dengan semua itu tidak turun intensitas ibadah mereka hanya karena kesibukan untuk mengurus harta yang mereka miliki. Karena mereka hanya meletakkan harta di tangan mereka, tidak di hati mereka.Greenleaves.wordpress.com

Baraka digunakan dalam kontemporer Perancis sebagai sinonim dari “keberuntungan”. Seseorang yang memiliki “baraka” adalah kata untuk dapat muncul tanpa cedera dari situasi berbahaya. Ini menggunakan istilah yang berasal dari masa penjajahan Perancis di Aljazair (1830-1962). Ketika ditanya mengapa ia tidak takut dibunuh oleh musuh-musuhnya, Charles de Gaulle dikatakan telah menjawab, “Aku telah baraka.”

One thought on “apa definisi yang tepat terhadap kata barokah?

  1. Saya kurang setuju pada sesi ke 3 pada alinea yg d awali kata muslim…”…membuang Tuhan.,” d situ trdapat kerancuan kalimat yg tdk etis.,yg dpt mnyulut kemarahan orang muslim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s