Dikira Sukses Koq akhirnya bunuh diri?


Gambar disamping ini seperti biasa saya ambil dari Wikipedia.org, -kebetulan pas nyari bahan yang akan saya berikan pada mahasiswa psikologi yang saya ajar di semester ini-nemuin gambar yang dibuat oleh Vincent Van Gogh,pelukis dari belanda yang amat sangat terkenalnya itu. yang mengherankan saya mbaca komentar dari WikiAdmin dibawah gambar tersebut:

Vincent Van Gogh, who himself suffered from depression and committed suicide, painted this picture in 1890 of a man seen by some as symbolizing the desperation and hopelessness felt in depression.

Bagi saya sebuah fenomena aneh. kenapa orang yang dianggap sukses semacam ini bunuh diri pada akhir hayatnya? ironis dan kronis menurut saya. saya jadi inget perkataan orang2 bijak bahwa orang2 yang tidak bahagia dalam hidup adalah orang yang tidak bisa menyeimbangkan keinginan hawa nafsu dan kehendak ilahi yang seharusnya dia tunaikan. jika keinginan diri saja yang dituruti maka ibarat minum air laut.makin minum makin haus.
smoga Allah SWT hindarkan kita dari ujian berat yang semacam itu. Amien.

Leave a Reply

