SIMPLE, COMPOUND AND COMPLEX SENTENCES


Penulis yang piawai menggunakan beragam kalimat untuk membuat tulisannya menarik dan terasa hidup. Jika tulisannya terlalu banyak menggunakan kalimat sederhana, contohnya, akan terasa kikuk dan tidak dewasa. Di sisi yang lain,jika tulisan itu terlalu banyak kalimat yang panjang maka tulisan itu akan sulit untuk dibaca dan sulit untuk dipahami.
Bab ini berisi definisi kalimat sederhana, majemuk setara dan majemuk bertingkat dalam bahasa Inggris berikut contoh-contoh sederhana yang mengikutinya. Tujuan dari pemaparan contoh-contoh tersebut adalah untuk membantu pebelajar ESL/EFL untuk mengenali dasar-dasar konstruksi kalimat termasuk pengenalan kalimat-kalimat yang disebutkan dalam Quis singkat yang mengikutinya. Sesudah itu, adalah mungkin menganalisis kalimat dalam variasi yang lebih rumit.

KALIMAT SEDERHANA
Kalimat sederhana, juga disebut klausa independen, terdiri dari sebuah subyek dan sebuah kata kerja, dan clausa itu menyatakan pemikiran yang lengkap. Dalam kalimat-kalimat sederhana berikut ini, subyeknya ditulis dengan garis bawah, sedangkan kata kerjanya dicetak miring.
A. Some students like to study in the morning.
B.Fatah and Zubeir read Al-Qur’an after Maghrib time every night.
C. Fay Ahmed goes to the library and studies every day.
Tiga contoh diatas merupakan contoh-contoh kalimat sederhana. Perlu dicatat bahwa kalimat B berisi subyek majemuk dan kalimat C berisi kata kerja majemuk. Dalam kalimat sederhana terdapat subyek dan kata kerja yang menyatakan pikiran yang lengkap, tetapi mereka juga bisa berisi subyek dan kata kerja majemuk.

KALIMAT MAJEMUK SETARA
Kalimat majemuk terdiri dari dua klausa yang berdiri sendiri yang dihubungkan oleh sebuah penghubung (coordinator). Yang disebut koordinator ialah sebagai berikut :for, and, nor, but, or, yet, so.(jembatan keledai untuk memudahkan menghafal urutan ini ialah singkatan FANBOYS). Kecuali untuk kalimat yang sangat singkat, koordinator selalu didahului oleh koma. Dalam kalimat-kalimat majemuk berikut ini, subyeknya digaris bawahi, kata kerjanya dicetak miring dan koordinator dan koma yang mendahuluinya dicetak tebal.
A. I tried to speak Arabic , and my friend tried to speak English.
B. Ibrahimovic played football, so Maria went to the market.
C. Ibrahimovic played football, for Maria went to the market.
Contoh ketiga kalimat di atas merupakan contoh kalimat majemuk setara. Tiap kalimat berisi dua klausa independen dan mereka dihubungkan oleh koordinator dengan tanda koma yang mendahuluinya. Perlu dicatat bahwa bagaimana penggunaan secara sadar atas penghubung/koordinator dapat merubah hubungan diantara klausa-klausa. Kalimat B dan C misalnya, kelihatan mirip kecuali kata penghubung yang dipakai. Dalam kalimat B, kejadian yang mana yang terjadi pertama kali?. Sudah jelas dari contoh di atas “Ibrahimovic played football” adalah yang pertama, dan sebagai konsekuensinya, “”Maria went shopping. Dalam kalimat C, “Ibrahimovic played football” karena, kemungkinan saja dia bingung mau megerjakan apa, karena tahu bahwa “Maria went shopping”
KALIMAT MAJEMUK BERTINGKAT
Kalimat majemuk setara memiliki satu klausa independen yang dirangkai dengan satu atau lebih klausa yang dependen. Kalimat majemuk bertingkat selalu memiliki subordinator seperti kata “because”, “since”, “after”, “although”, atau ketika pronomina relatif seperti kata “that”, “who”, atau “which”.dalam kalimat majemuk bertingkat berikut ini, subyeknya digaris bawahi, kata kerjanya dicetak miring dan subordinator dan komanya (jika diperlukan saja) dicetak tebal.
A. When he handed in his homework, he forgot to give the teacher the last page.
B. The teacher returned the homework after she noticed the error.
C. The students are studying because they have a test tomorrow.
D. After they finished studying, Irfan and Upin went to the campus mosque.
E. Irfan and Upin went to the campus mosque after they finished studying.
Ketika kalimat majemuk bertingkat dimulai dengan subordinator seperti kalimat A dan D, bentuk koma diperlukan pada akhir klausa yang dependen. Ketika klausa independen diawali dengna kalimat dengan subordinator pada tengah kalimat seperti pada kalimat B,C dan E, tanpa koma tidak masalah. Jika koma diletakkan sebelum subordinator dalam kalimat B,C dan E, maka salahlah bentuk tersebut.
Perlu dicatat bahwa kalimat D dan E adalah sama kecuali kalimat D dimulai dengan klausa dependen yang diikuti oleh koma, dan kalimat E dimulai dengan klausa independen yang berisi kalimat tanpa koma. Koma sesudah klausa dependen di kalimat D diperlukan, dan seorang pendengar yang berpengalaman akan sering mendengar perhentian sementara di kalimat ini. Dalam kalimat E, bagaimanapun juga, tidak ada perhentian ketika klausa independen terdapat pada kalimat tersebut.

About these ads

5 responses to “SIMPLE, COMPOUND AND COMPLEX SENTENCES

  1. Ping-balik: Pelajaran Grammar « NEVER GIVE UP LEARNING!

  2. Sya mau buka usaha di bidang jasa {electro motor} mohon bantuanya,agar kalimatya menarik,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s