Foto-foto ijtima BSD City Serpong 2009


ini dia foto paling gres ijtima BSD 2009 tanggal 17 sampai 20 kemaren. diperkirakan yang hadir 250 ribu muslimin dari seluruh propinsi di indonesia dan tamu-tamu luar negeri..
Foto000
Foto003
Foto005
Foto009
Foto010
Foto007

About these ads

81 responses to “Foto-foto ijtima BSD City Serpong 2009

  1. asep al-bogori

    Ass, kalo 250 ribu yang diperkirakan hadir / 10 org maka target kita akan terpenuhi yaitu 25000 jemaah, tapi sayang kita masih bercanda dengan usaha mulia ini dengan keadaan kita sekarang ini mudah2-an Allah tetap tetapkan kita dan seluruh keturunan kita hingga kiamat dalam usaha da’wah ini, semoga.

  2. ariefgoenawan

    Sy yakin ga sampe 250 rb orang. Kebetulan sy petugas khidmat di dapur umum. Jadi tau jumlah perkiraan yg hadir dari kupon yang terjual. Hari Senin sebelum munajat tercatat 80 ribu orang. Ditambah dengan jamaah yang tho’am (tidak ambil di counter) di pasar plus petugas pasar. Jadi sekitar 100 ribu orang. Tapi ini sudah baik. Ini adalah ijtima terbesar yang pernah ada di Indonesia. Tahun 2008 lalu ditempat yang sama yang hadir sekitar 25 ribu orang. Bertungkus lumus.

    • bohong banget kalau ijtima 08 yg hadir 25 ribu orang itu ijtima di mana bung tahun 2008 masih di bagi 5 wilayah kalau yg antum maksud ijtima bsd 08 antum cepet2 istigfar antum bisa lihat di blog saya ( http://harapandiri.wordpress.com/2008/08/10/ijtima-serpong/ ) itu saya kopy tanda masuk saya saya datang hari ke dua tertulis di kartu ke 30 ribu sekian jadi kalau bicara sesuai fakta bung saya juga petugas khimat sebelum ijtima.

  3. Mochammad Razif

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Subhanalloh karkun umat Rasul SAW begitu banyak dan begitu khusyuk mendengarkan bayan Kyai Muhlisun …. tapi sayangnya ana tidak sampai selesai karena mendapat tarbiyah Bapak ana wafat tgl 18 Juli 2009 di RS Amirta Purwakarta pukul 05.30 WIB
    Insya Alloh ana tahun depan pasti hadir kembali sampai selesai.
    JADIKAN DAKWAH MAKSUD HIDUP, HIDUP UNTUK DAKWAH, DAKWAH SAMPAI MATI, MATI DALAM KEADAAN DAKWAH, ALLOHU AKBAR

  4. saya juga hadir makanya bisa mengupload foto2..tapi sayangnya astagfirullah saya pulang senin siang setelah bayan hidayah..harusnya keluar ke seluruh alam tapi kembali ke kantor. tapi sebisa mungkin saya berdakwah di kantor ngajak teman2 solat berjamaah dan always pake kopiah..

  5. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    1. kita hamba Allah
    2. Kita putra nabi Adam AS
    3. Kita ikut millah nabi Ibarhim AS
    4. tujuan kita akherat.

  6. Assalamualaikum,

    dari data istiqbal tahun ini Alhamdulillah tercatat sekitar 110.000 jamaah hadir di Ijtima BSD 2009, tetapi dari pengamatan banyak sekali jamaah yang masuk ke medan ijtima tidak tercatat di istiqbal mengingat kurangnya jumlah pertugas istidbal.

    Tahun lalu dari data istiqbal yang hadir sekitar 85.000 jamaah.

    Apabila dilihat dari jumlah blok yang terisi sekitar 60 blok, dan tiap blok ditempati sekitar 2000 jamaah, jadi perkiraan kasar yang hadir di ijtima kali ini adalah sekitar 120.000 jamaah.

  7. Ahhamdulillah, kami dari halakoh ciputat lama dapat takazah untuk hidmat di parkir, dapat di ifokan bahwa :

    – Jumlah bus yang masuk ke medan parkir adalah 1873 bus, dan yang menginap sejumlah 187 bus.

    – Jumlah mobil kecil yang masuk medan parkir adalah 3169 mobil dan yang parkir pada hari sabtu malam adalah 2078 kendaraan

    – Jumlah motor yang masuk medan ijtima adalah 4123 motor dan yang menginap 3954 motor.

    Ini hanya sekedar info…

  8. tarsihekaputra

    Bos bukan 250 ribu orang, dari data yang dihimpun istibal Istima 2009 sejumlah 1.800 rb orang

  9. Alhmdllh na brsha hdr,ikt dgr masyaich,.Target ijtima’ bkn bxkx yg hdr,tp bxkx jamaah yg kluar dijalan allah..4 bln insya4llah!

  10. Ping-balik: Istima BSD 2009 : Karghozari « Yusuf Yudi Prayudi

  11. iya bener bukan 250 ribu tapi sekitar 120 ribu-an ya..

  12. assalamualaikum

    semua karkun.,. sudah banyak di mana2,tinggal kita mau ngelanjutin usaha yang mulia ini apa tidak,semuanya pilihan ALLAH S.W.T
    kepda semua karkun. lanjutkan.,.,usaha ini.,.,.,??
    doain saya.,.,???

    • syeikh, antum ini dengerin bayan masyeikh ga ?
      skrg itu kita udah ga boleh bilang karkun, tpi umat islam yang ambil usaha nabinya, spy masy ga slah paham, ok . . . !
      wallahu alam bishowab . . . .
      insyaALLAH 4 BULAN scpatnya . . .

  13. Assalamualaikum…

    ga adalagi istilah karkun dan bukan karkun semua kita umat nabi, umat akhir zaman pengemban tugas kenabian soooo semua punya tanggung jawab dan kewajiban yang sama.

    Wassalam
    Halq cimanggis

  14. alhamdulillah saya bisa ikut walaupun hanya saat terakhir

    smoga tahun depan bisa lebih banyak lgi wassalamualaikum , wr, wb
    untuk umat muslim dunia

  15. Dear All,

    Masih panjang perjalanan itu, meskipun nantinya dapat berhimpun sampai 5 juta orang seperti di Tonggi.

  16. iya pak haitan semoga allah curahkan hidayah ke seluruh alam termasuk indonesia ini
    ya allah naikkan usaha ini jangan engkau turunkan..

  17. salamz email kat saya pic2 tu, nak kongsi dgn members di mesia.

  18. salam….tahniah kerana kejayaan ijtimak di negara tuan..
    semoga allah swt terima usaha dakwah ini…

  19. visit my blog,
    barangkali bisa bermanfaat..

    http://loesz.wordpress.com

    thx^^

  20. Alhamdulillah kami hadir di Jakarta hari Jum’at jam 01.00, kami diterima team istqbal dan ditampung di terminal hajji, dan menuju medan ijtima’ setelah Isyraq.

  21. ana denger sih ampe 800 ribu orangan,betul gak ane dari nunukan kaltim,lah wong dari palu aja 400 orang ,dari toli toli 99 org dan dari makassar d sktr 3 kapal pelni sekitar 6 ribu orang jelas ada dong insya allah 800 rb,tapi itu bukan maksud walaupun 1 juta yang hadir tapi kalau diri kita tidak keluar ya belum sukses tuh jord, tapi walaupun cuma 124 000 yang hadir dan 313 0rang yang imanya betul maka sudah mencukupi untuk menjadi asbab hidayah iya gak,,,,,,,,,

  22. MasyaALLAH,,,,,,,

    Kami yang maqomi di Saudi Arabia masih tertib makki,
    Semoga pengorbanan ahbab2 indonesia(di Arab karkun2 dipanggil ahbab).
    Jadi asbab terbukanya usaha dakwah di seluruh alam.

    Ada yang takaza ke Riyadh?
    kami siap nusroh, insyaALLAH !!!!!

    • insyaALLAH ana tgl 4 agustus brangjat ke Qatar,untuk Urdu.dan ana niat mau buat maqomi disana dan niat keluar ke riyad 40 hari kalau cuti tahun depan

      • Smg ALLAH SWT lancarkan smuanya,dunia akherat qta.

        Oh ya ni no kontak ana, barangkali ada kenalan atau taskyilan bisa kontak ana.

        00966501454671

  23. masyaAlloh……..

  24. assalamualaikum wr wb
    jumlah bukan sebuah masalah
    yang jadi masalah adalah segitu banyaknya orang yang menjadi ahli bidah dengan kumpul2 untuk show of force.
    segera istigfarlah kalian….
    wass

    • andai antum hadir waktu itu, tentulah antum akan paham apa yang kita bicarakan dan orang2 yg telah mengorban 24 jam kehidupannya hanya untuk agama.
      kita tidak ashobiah, kita mengundang seluruh ummat islam unt hadir waktu itu. kita mencoba bagi fikir, gimana saat-saat nabi haji wada’ agar yg hadir waktu itu menyampaikan kepada yg tidak hadir. andaikan sahabat waktu itu hanya memikirkan mekkah dan madinah, tentulah agama ini tidak sampai pada kita hari ini.
      apakah antum pernah punya rencana untuk dakwah ke luar dari kampung saudara dengan diri dan harta, kalau iya..saya siap menemani.

      • nasihatnya benar, kita terima. kita musti banyak istighfar, bahkan setelah melakukan kebaikanpun seperti shalat dsb. kita juga diingatkan untuk tidak bangga dengan jumlah, dan itu benar adanya.dan benar, kita musti ajak semua orang untuk keluar di jalan Allah & kita siap untuk menemani. insya Allah

    • lu yang harus istigfar ,,,,,,,,,,dari pada maksiat mrndingan bid”ah coy…..
      masih untung lu banyak yang dzikir,,,daripada ke club

    • si denis tah ,,,,lu harus bangga banyak orang yamg dzikir daripada nyanyi -nyayi di club…..

  25. Astagfirullah..
    Ana masih ingat bayan ustd cecep di hari pertama,jika dari semua yang hadir ijtima’ ada satu orang yang setelah selesai ijtima’ bisa mewujudkan agama pada dirinya maka ijtima’ ini bisa dikatakan sukses..

  26. aku kangeeen banget sama ikhwan salafy dan semua salafyooooon di cyber world koq gak ada yang nongol di blogku tercinta ini…*-^

    • Memangnya ada apa dengan ikhwan salafy? Atau komentar super admin ini berarti sindiran?
      Semoga Allah SWT menunjuki kita ke jalan yang benar. Amiin..

  27. Dear All,

    Usaha da’wah perlu dikembalikan kepada seluruh kaum muslimin, sehingga seluruh kaum muslimin mau mengambil kerja da’wah untuk menjadikan ummat Islam ini menjadi rahmatan lil’alaamin. Da’wah silaturahmi merupakan da’wah yang fundamental bagi kaum muslimin, karena dengan begitu akan membantu pertumbuhan dari ummat Islam itu sendiri.

    Masjid merupakan satu tempat yang perlu menjadi perhatian semua kaum muslimin, karena masjid memungkinkan bertemunya kaum muslimin dengan baik. Dan dengan usaha da’wah ini kita kaum muslimin perlu mengembalikan keberadaan masjid itu sendiri yang mengembalikan usaha da’wah kepada seluruh kaum muslimin.

    Da’wah silaturahmi merupakan proses untuk menyambungkan yang telah putus dan hilang dalam tubuh kaum muslimin sendiri, da’wah ini akan menjadi aliran yang terus mengalir. Tentunya orang-orang yang kurang senang dengan kaum muslimin tidak berkeinginan kaum muslimin ini mengambil kembali kerja da’wah seperti yang dinyatakan dengan jelas QS Yusuf (12):108 dan QS Ali-Imran (3):103.

    Mengembalikan kerja da’wah ke dalam tubuh ummat ini melalui silaturahmi menjadi aliran yang sangat penting, sehingga kita telah belajar sedikit-sedikit perihal ini perlu lebih berhati-hati dan kita perlu kembali banyak menelaah sifat-sifat para Shahabat, ushul-ushul da’wah dan adab-adab.

    Apakah kita bertemu langsung ataupun tidak, apakah kita berucap ataupun melalui tulisan seperti sekarang melalui blog ataupun forum, TETAP kita perlu menjaga adab-adab Al-Islam itu sendiri. Karena yang kita pikirkan sedang berusaha mengembalikan semua amal masjid dan kerja da’wah ke dalam tubuh kaum muslimin.

    Ambil contoh, kita terus belajar lagi dan lagi perihal sifat Ikramul Muslimin. Pelajaran sifat Ikramul Muslimin bukan ketika khuruj ataupun di masjid sendiri, bahkan di kantor dan juga termasuk ketika bermudzakarah di dalam blog sekalipun, tetap kita harus menjaga sifat ikramul muslimin. Sifat ini sangat penting dan fundamental.

    Orang Yahudi sangat berkeinginan para Shahabat RA ini hancur, tetapi jelas tidak mungkin melalui aqidah, tidak mungkin melalui ibadah sholat, tidak mungkin melalui ilmu dan dzikir, TETAPI orang yahudi dapat merusak shahabat RA melalui karakter lainnya yaitu IKRAMUL MUSLIMIN. Kisah yang menjadi latar belakangi QS Ali-Imran (3):100-105, adalah karena satu sama saling diadudomba dengan kejadian masa lalu karena kurang saling menghargai dan saling memaafkan. Dan hampir terjadi perang besar.

    Begitu kita dengan usaha da’wah ini, kita sedang berusaha mengembalikan kerja da’wah yang dapat diambil oleh seluruh kaum muslimin, apakah yang senang, apakah yang masih marah dengan kita, apakah yang masih tidak suka dengan kita, apakah yang masih memberikan hinaan dengan kita, dsb-dsb. Kita TETAP akan berusaha apapun yang dilakukan dengan hikmah, semua kaum muslimin untuk dapat mengambil usaha da’wah ini.

    Para ulama yang telah lama dalam usaha da’wah ini benar-benar telah menjiwai perihal macam-macam yang dapat merusak ummat ini dan juga tentunya yang dapat menumbuhkembangkan ummat ini. Para Ulama da’wah ini bukan tidak bisa mengajar hadits, tetapi masih ada ulama lain yang dapat mengajar hadits meskipun ulama ini belum terjun dalam usaha da’wah ini.

    Pada ulama da’wah ini bukan tidak bisa mengajar fiqh ataupun tafsir, tetapi masih ada ulama yang dapat mengajarkannya meskipun ulama/ustadz itu belum terjun dalam usaha da’wah ini. Oleh karena itu selalu diulang-ulang untuk belajar dengan ulama kita sendiri untuk hal itu, karena itu merupakan tanda ikramul muslimin yang tinggi sekali.

    Para masyaikh da’wah ingin kita ini mempunyai pikir agar mengembalikan tugas kerja da’wah ini kepada seluruh ummat muhammad ini. Karena jelas ayat yang ditekankan oleh Allah swt QS Yusuf (12):108 dan Ali-Imran (3);110.

    Jadi apapun kita mudzakarah, jika ada siapapun yang kurang senang dengan usaha da’wah ini apakah itu melalui tulisan dengan macam-macam penilaian, apakah itu melalui lisan, apakah itu bertemu langsung dsb. Tetap kita menjaga ikramul muslimin ini. Kita sedang belajar memikirkan yang lebih besar lagi, yaitu mengembalikan ummat ini menjadi rahmatan lil’alaamin.

    Utara sampai selatan, Barat sampai Timur, kita ingin semuanya dapat kembali kepada pangkuan Al-Islam dan mengikuti Al-Islam sendiri dengan sungguh-sungguh. Sehingga jika ada yang kurang sreg dengan kita, tetap kita jaga Ikramul Muslimin kita. Itulah yang kita pelajari dalam sifat-sifat Para Shahabat RA yang sering dipelajari. MAU?

    • Jazakumullahu….. Kang Haitan atas tauziahnya….. ana setuju, InsyaAllah mari kita semua menghormati dan memuliakan saudara2 kita sesama muslim dan saling mendoakan. Moga Allah pahamkan kita dengan maksud kerja dakwah ini dan diistiqomahkan ……………

    • DAKWAH KERJA INTI

      Dakwah Tabligh kerja inTI
      Amalan ini usaha haTI
      Karena itu luruskan haTI

      Gunakan bahasa haTI
      Agar mudah menyentuh haTI
      Dan tidak pecah haTI

      Alloh dan Rosul-Nya wajib ditaaTI
      Tertib dakwah harus diikuTI
      Agar pengorbanan membawa arTI

      Niat istiqamah sampai maTI
      Sebagai bekal dunia dan akhirat nanTI
      Demi Alloh Rabbul IzzaTI

      Ulama menasehaTI
      Kalau ingin iman masuk di haTI
      Empat bulan baru didapaTI

      • Alhamdullillah…..syair nya bagus sekali…..
        semoga khurujnya sebagus syairnya…jgn……sampai lupa khuruj ….ya….
        syairnya diklipping aja….buat koleksi…
        buat lagi ya…..
        semoga Allah SWT selalu melindungi antum n kel.
        amien Allahuma amien

  28. Benar..insyaAlloh kita semua bisa istiqomah menjaga kerja dakwah ini.
    meskipun kita lemah.jgn sampai putus ditengah jalan gara2 hal-hal kecil. Hal kecil inilah yang merupakan Hal Besar’ dan ‘Kerja Besar’ dari kerjanya iblis dan syaitan..
    Jangan sampai kita lengah, tumbuhkan ghirah/semangat yang kuat dlam kerja dakwah..kita sedang dalam perjalanan khuruj ataupun belum berangkat ataupun yang mau berangkat untuk saling menguatkan…

  29. Assalamualaikum wr wb.kami pekerja indonesia yg ada di brunai.allkhamduliłah atas ekhsan allah swt,dgn taufik serta hidayahnya kami telah buat usaha atas tki yg ada di brunai,sekitar 40000 org indonesia,sekarang hy bisa kluarkan jemaah 3 hari saja,,telah hantar 4 org ke istima serpong.doakan kami.jazakallah.wassalamualaikum wr wb.kami

  30. kalau boleh tau no telp antum dan alamat e-mail antum.dan urdu nya dan alamat antum dimana?

  31. ALHAMDULILAH, WALAUPUN SAYA TIDAK SAMPAI KE IJTIMAK BSD,TAPI SEMANGAT SAYA SEPERTI SEDANG BERADA DITENGAH-TENGAH IJTIMAK. DOAKAN NAMA SAYA TRIMO SUSILO DARI RANTAUPRAPAT LABUHAN BATU SUMUT,NIAT EMPAT BULAN SECEPATNYA.

  32. subhanalloh

  33. Syeik Jum’at minggu lalu salah satu jemaah padang yg sedang gerak 1 th di bandung ada yg syahid, bantu do’a-nya yah…mp3 kh muhlisun ada gak ? ana pengen dengar, kemaren hadir di serpong hr jum’at malam jadi gak sempat dengar

  34. assalamualaikum, kebelakangan ini alhamdulillah saya mendengar karguzari daripada jemaah yg pulang dari indonesia begitu hebat, Allah telah memberi taufik & hidayah kpd orang indonesia utk bangun membuat kerja nabi s.a.w. dgn sungguh-sungguh. jika dibanding masa saya mula keluar dulu tahun 1983 40 hari di Medan, markas masjid India, tidak banyak yg mengikut masih sedikit boleh dibilang jumlahnya, masa tu org yg mula ikut kita adalah Pak Dahlan almahum, ia menjadi syura Medan. Seterusnya tahun 1985 juga saya kuruj di Medan dan dihantar ke Pasi kawasan Batak Pak-pak di sini seingat saya 11 org ikut kami ke Medan untuk 40 hari kali pertama. Masa ini bilangan org dah mula bertambah tetapi saya tidak kelihatan wanita berpurdah atau bertudung sempurna.1986 saya keluar di Jakarta dan 2 minggu di Solo tempat bapak keturunan india 2 beradik nama mereka sudah lupa. Di Solo banyak pelajar Universitas yg mengambil bahagian masa itu kemudian kami ditangkap polisi dan diusir ke Jakarta. Kebun Jeruk , masa ini pun masih belum ramai yang ambil bahagian .1997 saya keluar ke Sulawesi juga belum ramai tetapi sekarang mashaallah sudah banyak Alhamdulillah

  35. Dedy Iskandar

    Assamuikum Wr Wb
    Saya Hadir Di Istimai saya Blok Lampung……
    rasanya saya kangen ama saudara umat islam …….
    Hidayah

    Dedy Iskandar
    karkun lampung

  36. ya robb….. ijtima’ telah lewat…. tapi hamba blm khuruj juga….!! sampai kpn hmba terus di sibukan dg dunia yg hina ini..ya robb?? hamba malu ya robb…ketika d akherat bertemu dg nabimu…apa yg hrs hamba katakan…?

  37. kami yang maqomi di Saudi arabia dan tak sempat hadir, bagi rekan2 satu usaha yang ada rekaman bayan ijtima mp3 tolong kirim ke khabbab_sutiknya@hotmail.com

  38. salam
    alhamdulillah saya datang di ijtima malaysia dan khuruj 40 hari di negeri sembilan malaysia….disana banyak TKI indonesia yang berkerja di kebun sawit dan karet…
    mohon dikirim sebanyak-banyaknya jamaah dari Indonesia

    mohon doanya agar tahun depan boleh hadir di ijtima indonesia

    semoga amal ibadah kita menjadi asbab hidayah bagi selruh alam

  39. beginilah jamaah tabligh, masih sibuk memikirkan banyaknya orang. bukankah yang lebih baik dari pada komentar adalah cepat ambil tas trus pergi ke bagian tasykil …..
    salam untuk semua aktivis tabligh, dr mantan tabligh tentunya, …..
    tapi jangan pada sewot yah kallo baca comment gw,

  40. Alhamdulillah… Alhamdulillah..

  41. Muhammad Dhomiruddin

    fhotonya terlalu sedikit dan tidak mencerminkan kesuksesan acaranya

  42. yah memang terlalu sedikit potonya…kira2 ada ga yang punya foto lebih komplet? karena berfoto ria sangat dibatasi pada zord kemaren..mungkin bikin ga tawwajuh..:D

  43. Alhamdulillah, salam untuk saudaraku sesama muslim

  44. sTudent poLiteknik mukah saRaWak

    saLam……waLaupun tme ijtimak hari tue xdpt turut serta tp ape2pn diharap dngn berkat dOa tuan2 kTa suma dapat hidayat daripada ALLAH S.W.T insyaallah..

  45. assalamua”alikum
    alhamdulillah ana minta di doakan sm antum semua temen-temen seperjuangan
    biar istiqomah sampai akhir hayat dan di teruskan oleh anak-anak sy namanya muahammad yusuf tazakka sm muhammad rafi’attanaafusiy ,dan jg anak cucuku smp hari kiamat.jazaakumulloh syech ya
    tahun dpn insya alloh ke IPB
    mdh-mdhan antum jg istiqomah dalam da’wah ilalloh
    selamat berjuang sohabatku!
    alloh pasti menolong hambanya yg buat kerja da’wah

  46. ALLAHU AKBAR>>>>>>
    asbab pengorbanan tuan2 gorontalo sdh bnyk ambil usha dakwah.

  47. Muhammad Irfan

    mohon infonya ijtima 2009 target jamaah yg keluar terpenuhi ga yah ???
    ane kurang amalan makanya ga terpilih pada saat ijtima :(
    tapi ane dah bayar nisobnya bulan kemarin… alhamdulillah ane dah dijakarta …
    mohon saudara2 ku bisa mengerahkan jamaah ke daerah palembang khususnya daerah OKU …

  48. setahu saya target ijtima kemaren jauh dari terealisasi atau belum tercapai. semua ini dosa saya karena kurang amalan dan doa :(

  49. Ping-balik: DAKWAH KERJA INTI « NEVER GIVE UP LEARNING!

  50. Hidayah perlu mujahadah

  51. masya Alloh……saya niat Jaulah satu istiqomah insya Alloh…

  52. indra pratama

    allahu akbar… masyya allah sebagai umat nabi saw kita harus meneruskan usaha beliau hingga akhir kiamat yaitu mengajak manusia taat kpd allah….

  53. ari ternate tanah tinggi

    sbg umat nabi saw kita senantiasa mghdpkan sunnahnya dlm khdpan shari hari… nabi saw bersabda’ barangsiapa menghidupkan sunnahku tanda ia cinta kpdku, barngsiapa cinta kpdku maka ia bersamaku di surga.. insya allah??????????

  54. Ichwanul Amri

    Allah kuasa
    makhluk tidak kuasa!

  55. Saya di sebelah mana ya…???

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s